Andai Saja Gerbong Kereta Khusus Wanita Juga Diberlakukan Pada Kereta Jarak Jauh

Kereta api merupakan transportasi yang sangat banyak diminati masyarakat, terutama bagi perantau. Setiap hari, tiket kereta selalu ludes. Bahkan untuk KRL ekonomi, penumpang rela duduk dan tidur di atas kereta daripada harus berdesak-desakkan di dalam gerbong.
Semenjak tahun 2010, telah diluncurkan gerbong kereta khusus wanita, anak-anak, dan lansia. Sebagai pengguna jasa kereta api, kebijakan ini sangat membahagiakan. Penumpang wanita tak perlu berdesak-desakkan dnegan penumpang laki-laki. Dan pasti perjalanan terasa lebih aman, nyaman, dan tenang.
Biasanya kereta khusus wanita ini, terdapat 2 gerbong,yaitu gerbong paling depan dan paling belakang. penumpang pun tak perlu susah mencarinya. karena sudah ada tanda/gambar khusus yang jelas nampak ada di dalam gerbong, di setiap stasiun pun sudah ada tanda khusus pada tempat menunggu KKW ini.

Akan tetapi, KKW ini baru berlaku pada KRL Commuter line Jabodetabek dan Prameks Jogja (yang pernah saya gunakan, klo ada yang lain tolong ditambahi y… yang pasti baru kereta jarak dekat saja). Nah, untuk kereta jarak jauh kenapa tidak ada y??
Padahal sangat dibutuhkan oleh penumpang wanita yang sering berpergian menggunakan kereta jarak jauh. Biasanya, dalam satu gerbong jika ada 80 penumpang, hanya 10 wanita saja yang di dalamnya. Dan banyak sekali yang menggunakan tiket berdiri. Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi kami.
Andai saja gerbong kereta khusus wanita juga diberlakukan pada kereta jarak jauh, terutama kereta kelas ekonomi dan bisnis. Pasti akan lebih nyaman dan merasa aman. Jadi, jika ada penumpang wanita yang mendapat tiket berdiri, hal itu lebih manusiawi. Mengurangi rasa takut dan kekhawatiran saat perjalanan. Khususnya bagi langganan PJKA (pulang jumat, kembali ahad) hehe

Sebentar lagi lebaran tiba.. Selamat menanti mudik. Pulang kampung adalah hal yang sangat membahagiakan. Selalu waspada dan hati-hati dalam perjalanan.

*mulai 1 Oktober 2011, syukurlah sudah tidak ada tiket berdiri. lebih nyaman. tapi berimbas dengan susahnya mencari tiket, paling tidak harus mencari H-2minggu sebelum keberangkatan untuk tiket weekend.😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s